Profile

Join date: Nov 3, 2022

About

Situs Prasejarah Terbaik untuk Didatangi di Skotlandia



Skotlandia dipenuhi oleh keelokan dimulai dari pegunungan dan danaunya yang istimewa sampai kastil era tengah yang menghias lanskapnya. Tapi orang jangan lupakan situs prasejarahnya, yang betul-betul memesona dan banyak. Saat sebelum Kerajaan Skotlandia ada serta saat sebelum contact Romawi, daerah ini sebagai pusat budaya yang aktif dengan perdagangan, seni, dan arsitektur yang berkembang. Situs seperti Wisata Museum, Skara Brae dan banyak edaran Jaman Besi yang diketemukan pada bagian utara negara tersebut sebagai bukti perolehan beberapa orang kuno ini. Beberapa situs bahkan juga menandingi piramida Mesir besar dalam soal umur.


1. Batu Berdiri Machrie Moor

Situs kuno ini dibangun sekitaran 4.000 tahun lalu, walau tugas penggalian sudah memperlihatkan kegiatan manusia di daerah itu jauh saat sebelum pembuatan Machrie Moor Standing Stones. Kurang lebih 500 tahun saat sebelum batu-batuan itu ditaruh, lingkaran kayu tempati tempat yang serupa tepat. Website ini sudah dihubungkan dengan aktivitas keagamaan Jaman Batu dan Perunggu, saat sebelum jadi tempat penyemayaman di abad-abad selanjutnya.


2. Bukit Cairnpapple

Situs prasejarah harus didatangi untuk siapa saja yang menelusuri Lothian Barat. Bukit itu wajib untuk komune pertanian lokal dari 4.000 SM sampai zaman Kristen.


Pada era ke-19 situs itu betul-betul tertutup pohon-pohonan, sampai penggalian oleh Stuart Piggott mendapati rangkaian monumen ritus. Penemuan arkeologis dari bukit sudah ungkap jaringan perdagangan Jaman Batu yang capai Wales dan Cumbria, memperlihatkan bagaimana Inggris sama-sama terkait semenjak awalnya. Sepanjang Jaman Perunggu website ini dipakai sebagai tanah penyemayaman.


3. Skara Brae

Diidentikkan oleh susunan lurusan batu kuat yang diisolasi dan diproteksi oleh tanah liat dan sampah rumah tangga yang menggabungkannya, Skara Brae ialah contoh mengagumkan dari kualitas tinggi pembuatan Neolitik dan sebagai contoh fantastis dari dusun Neolitik.


Skara Brae ditempati di antara 3.200 dan 2.500 SM, walau baru diketemukan kembali di tahun 1850 M sesudah badai terjang Teluk Skaill tempat dia duduk dan mengeruk dusun. Penggalian seterusnya mendapati rangkaian rumah terorganisir, semasing berisi apa yang cuma bisa dilukiskan sebagai "perlengkapan dipasang" terhitung almari, perapian pusat, tempat tidur kotak dan bak yang dipercaya sudah dipakai untuk memuat umpan memancing.


4. Keluarga Caterthun

Caterthun ialah sepasang benteng bukit Jaman Besi yang menghadap ke Strathmore. Tidak terang untuk maksud apa benteng-benteng ini dibuat, walau kemungkinan mereka berperan sebagai pusat militer dan resmi. Salah satunya benteng bukit mempunyai dinding batu kering yang kelihatan, mengakibatkan dikenali sebagai 'Caterthun Putih', sementara lainnya mempunyai benteng tanah yang besar, memberikannya nama 'Caterthun Coklat'. Beberapa situs itu peluang dibuat di antara 700 sampai 200 SM.


5. Edaran Mousa

Broch Mousa, yang berada di Kepulauan Shetland, adalah bros yang paling tahan lama. Ini menara lebih dari 13 mtr. di atas perdesaan sekelilingnya dan sebagai bangunan prasejarah paling tinggi di Inggris.


Berdiri di pulau tidak memiliki penghuni Mousa, bros ini cuma dapat diraih dengan perahu. Bros berisi tiga kamar besar, yang masing-masing mempunyai almari batu yang dipasang pada dinding. Sebuah tangga spiral ke arah enam galeri. Bros ini ada 2x dalam koleksi Orkneyinga Saga mengenai riwayat Nordik.


6. Clava Cairns

Berada pas di luar Inverness, Clava Cairns, atau Cairns Penyemayaman Prasejarah Bulnuaran of Clava, ialah satu kelompok tiga piramida Jaman Perunggu, atau gundukan penyemayaman. Benar-benar terawat secara baik, Clava Cairns diprediksi berumur sekitaran 4.000 tahun. Gundukan penyemayaman dipakai dalam dua masa, dan pada sekitaran 2.000 SM jejeran tugu besar dibuat, tiga salah satunya tetap berdiri sampai sekarang ini.


Penggalian sudah mengutarakan jika sempat ada pertanian di website saat sebelum monumen dibuat, dan permukiman langsung diganti oleh tugu, dengan beberapa bahan yang dipakai untuk membuatnya diambil dari beberapa rumah yang dihancurkan. Seiring berjalannya waktu, beberapa batu kembali dipertambah, banyak dengan pertanda cangkir dan cincin. Ini hari, itu ialah pertunjukan terkenal, sekurang-kurangnya karena peluang ide untuk situs Craigh na Dun, batu berdiri yang membuat portal perjalanan waktu dalam seri tv terkenal Outlander.


7. Kilmartin Glen

Berada antara Oban dan Lochgilphead dan disekitaran dusun Kilmartin ialah Kilmartin Glen. Wilayah ini menghampar sekitaran 5.000 tahun dan tampilkan beragam tugu batu, batu berdiri, batu berukir, lingkaran batu, kastil dan benteng yang hebat, hingga dipandang seperti salah satunya fokus terpenting dari beberapa sisa Neolitik dan Jaman Perunggu di Skotlandia. Dari lebih dari 350 monumen kuno dalam radius enam mil dari dusun, lebih dari 150 ialah prasejarah.


Pengunjung ini hari nikmati panorama alam yang mengagumkan dan riwayat kuno wilayah itu. Sorotan khusus terhitung benteng Scots an Dunadd, pusat kerajaan Dal Riata, yang berada di selatan lembah di pinggir Moine Mhòr, atau Great Moss.


8. Pusara Elang

Berada di tebing Ronaldsay Selatan yang menegangkan, Isbister Chambered Cairn lebih dikenali sebagai 'Makam Elang' adalah situs arkeologi yang terbanyak didatangi di Orkney. Diketemukan oleh petani lokal Ronnie Simison saat ia sedang mengeruk batu ubin pada tahun 1950-an, pusara Jaman Batu mengutarakan koleksi menonjol lebih dari 16.000 tulang dan beberapa artefak yang ditaruh di situ sekitaran 5.000 tahun lalu. Beberapa sisa 8-20 burung diketemukan, yang selanjutnya ditaruh di situ.


Walau pusara tak lagi terbuka untuk umum, masih mungkin untuk berjalan pada sekitaran situs. Jalan satu mil yang mengagumkan dari situs akan bawa Anda ke pusat pengunjung, yang berisikan banyak info mengenai pusara dan masa lampau kuno Orkney lebih umum.


9. Glenelg Brochs: Dun Telve dan Dun Troddan

Sepasang menara broch tinggi ini berada di lembah Gleann Beag yang cantik. Dun Telve berada cuma 500 mtr. dari Dun Troddan, hingga pengunjung bisa secara mudah menyaksikan bros yang paling bersisihan ini pada sebuah perjalanan. Mereka terhitung antara empat bros yang tetap berdiri dekati ketinggian aslinya (bersama dengan Mousa di Shetland dan Dun Carloway di Lewis).


Daya Tarik Candi Ijo untuk melihat kemungkinan dibuat di antara 2.000 dan 2, 5 00 tahun lalu, dan jadi daya magnet rekreasi di era ke-18 dan ke-19 karena kondisi dan ketinggiannya yang terawat secara baik. Dun Telve menjaga sisi dinding dengan tinggi lebih dari 10 mtr., dan dengan diameter lebih dari 20 mtr.. Ini berisikan tangga batu berliku yang ke arah pucuk menara. Dun Troddan lebih pendek, pada 7,6 mtr., tapi lebih terawat, memberi bukti pemakaiannya. Lantai interior memperlihatkan bukti beberapa lubang untuk tiang tegak dan perapian, berisi batu-quern yang hendak menolong menggerus jagung.


10. Batu Kekakuan Berdiri

Sebagai sisi dari Situs Peninggalan Dunia UNESCO Heart of Orkney, Stones of Stenness, ialah satu kelompok 4 batu tegak yang semua bertahan dari lingkaran batu yang awalannya lebih besar. Batu-batuan itu memiliki ukuran besar sekali, mengutamakan bagaimana lingkaran batu paling dahulu dari masa Neolitik nampaknya lebih besar dibanding yang selanjutnya (walau penanggalannya susah, nampaknya Batu-batuan itu dibuat minimal sekitaran 3.100 SM). Beberapa prediksi bahkan juga memperlihatkan jika batu-batuan itu ialah monumen henge paling dahulu di Kepulauan Inggris.

Timmothy Fleming

More actions